Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN NEGERI LUMAJANG KELAS I B

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI LUMAJANG KELAS I B

Jl. Gatot Subroto No.74, Karangsari, Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67352, Indonesia

Email : (umum) pn.lmj_umum@yahoo.co.id | (delegasi) relaasdelpnlmj@yahoo.co.id / Telp. (0334) 881898

SIPPE Skum PN LumajangJDIHTilang


MOTTO PENGADILAN NEGERI LUMAJANG KELAS IB
PRIMA (Profesional, Ramah, Informatif, Melayani, Akuntabel)

Template Website ini merupakan standarisasi website untuk seluruh badan peradilan di bawah naungan Mahkamah Agung

Panitera Sekretaris Pengadilan Negeri Lumajang


 

Uraian Tugas :

  1. Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang Pengadilan.
  2. Bertanggung jawab atas pengurusan berkas perkara, putusan, dokumen, akta, buku daftar, barang bukti dan surat-surat lainnya yang disimpan di Kepaniteraan.
  3. Menyelenggarakan administrasi perkara.
  4. Mengatur tugas Wakil Panitera, Panitera Muda dan Panitera Pengganti.
  5. Menerima serta membuat daftar perkara dan permohonan grasi diterima di Kepaniteraan.
  6. Membuat salinan putusan.
  7. Membuat akta :
    • Pemberitahuan putusan kepada terdakwa yang tidak hadir ketika putusan dijatuhkan.
    • Terima putusan
    • Mempelajari putusan sebelum menyatakan menerima aatu menolak putusan.
    • Tidak mengajukan permohonan banding.
    • Penyampaian salinan memori/kontra memori banding (Inzage).
    • Pencabutan permohonan banding.
    • Pemberitahuan adanya permohonan kasasi.
    • Penerimaan memori kasasi.
    • Penyampaian tembusan memori kasasi.
    • Penerimaan kontra memori kasasi.
    • Penyampaian tembusan kontra memori kasasi.
    • Tidak menerima memori kasasi.
    • Pencabutan permohonan kasasi.
    • Permohonan peninjauan kembali.
    • Pemberitahuan adanya permohonan peninjauan kembali (PK).
    • Pencabutan permohonan peninjauan kembali.
  8. Mengirimkan berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi atau PK serta mengirim berkas permohonan grasi permohonan grasi ke Kejaksaan Negeri.
  9. Melegalisir surat-surat yang akan dijadikan bukti dalam persidangan.
  10. Pemungutan biaya-biaya Pengadilan dan menyetorkan ke Kas Negara.
  11. Mengirimkan berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi atau PK
  12. Melaksanakan, melaporkan dan mempertanggungjawabkan eksekusi yang diperintahkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Lumajang.
  13. Melaksanakan, mengawasi dan melaporkan pelelangan yang ditugaskan/diperintahkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Lumajang.
  14. Menerima uang titipan pihak ketiga dan melaporkannya kepada Ketua Pengadilan  Negeri Lumajang.
  15. Menyusun rencana kegiatan Kepaniteraan/kesekretariatan berdasarkan program kerja Pengadilan Negeri Lumajang.
  16. Mengatur tugas Wakil Sekretaris dan Kepala Sub Bagian.
  17. Memberi petunjuk kepada bawahan di lingkungan Kepaniteraan/Kesekretariatan berdasarkan program kerja Pengadilan Negeri Lumajang.
  18. Mengawasi dan mengevaluasi hasil kerja bawahan pada Kepaniteraan/Kesekretariatan sebagai bahan pembinaan bawahan.
  19. Memeriksa dan membetulkan konsep surat kepegawaian, keuangan dan umum untuk mengetahui kesesuaian sebelum dikirim.
  20. Memeriksa dan memberi catatan atau paraf pada surat masuk dan keluar sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.
  21. Menandatangani surat-surat keluar  yang sifatnya rutin.
  22. Meneliti kebenaran dan sahnya suatu tagihan sebelum memerintahkan Bendaharawan pengeluaran untuk melakukan pembayaran atau mengajukan UP bersangkutan kepada KPPN berdasarkan DIPA dan POK.
  23. Memberikan persetujuan dan menandatangani pernyataan persetujuan tersebut terhadap suatu tagihan yang diajukan ke Bendaharawan pengeluaran.
  24. Sebagai atasan langsung Bendaharawan pengeluaran mengadakan pemeriksaan Kas Bendaharawan sedikitnya tiga bulan sekali.
  25. Sebagai Ketua Ikatan Panitera/Sekretaris Seluruh Indonesia Cabang Lumajang.
  26. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung atau pimpinan.

 

Wakil Panitera

Uraian Tugas :

  1. Membantu Hakim mengikuti dan mencatat jalannya sidang Pengadilan.
  2. Membantu Panitera untuk secara langsung membina, meneliti dan mengawasi pelaksanaan tugas administrasi perkara, antara lain ketertiban dalam mengisi buku register perkara, membuat laporan periodek dan lain-lain.
  3. Melaksanakan tugas Panitera apabila Panitera berhalangan.
  4. Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan penerimaan perkara (pusat informasi).
  5. Mengkoordinasikan Panitera Muda Pidana, Panitera Muda Perdata, Panitera Muda Hukum, serta memberikan petunjuk/bimbingan dan pengawasan dalam pelaksanaan tugasnya.
  6. Mengawasi dan memberitahukan petunjuk pengurusan perkara banding, kasasi, dan peninjauan kembali (PK).
  7. Mengurus administrasi pembukuan perkara.
  8. Membuat konsep surat tegoran kekurangan biaya perkara.
  9. Mengawasi penerimaan pendaftaran surat kuasa.
  10. Bersama Wakil Sekretaris menyusun program kerja dan pelaksanaan serta pengorganisasiannya.
  11. Melaksanakan tugas sebagai panitera pengganti.
  12. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung/pimpinan.

 

Wakil Sekretaris

Uraian Tugas :

  1. Membantu Sekretaris membuat program dan rencana kerja.
  2. Bertanggung jawab terlaksanakannya tugas kesekretariatan secara tertib.
  3. Mengkoordinasikan (Kaur Umum, Kaur Keuangan, Kaur Kepegawaian) serta memberikan petunjuk /bimbingan dan pengawasan dalam pelaksanaan tugasnya.
  4. Bersama Wakil Panitera menyusun program kerja dan pelaksanaannya serta pengorganisasiannya.
  5. Mendapat tugas diangkat/ditunjuk oleh Pejabat KPA sebagai Pejabat Pembuat Komitmen/Penanggung jawab kegiatan Pengadilan Negeri Lumajang.
  6. Membuat Keputusan dan/atau mengambil tindakan-tindakan yang dapat mengakibatkan timbulnya pengeluaran uang dan/atau tagihan atas beban APBN.
  7. Pengadaan barang/jasa, kontrak jual beli, surat perintah kerja, Berita Acara dan/atau penandatanganan bukti-bukti pengeluaran lainnya.
  8. Melaksanakan tugas Sekretaris apabila Sekretaris berhalangan.
  9. Mengkoordinasikan kegiatan laporan penyusunan rencana kerja anggaran (RKA-KL).
  10. Mengkoordinasikan rencana kerja dan jadwal pelaksanaan kegiatan.
  11. Mengkoordinasikan penyampaian rencana penerimaan dan pengeluaran kas (cash forecasting).
  12. Mengkoordinasikan laporan keuangan (LRA, Neraca, ADK, BAR, SDK, CALK).
  13. Mengkoordinasikan laporan BMN (ADK SIMAK-BMN).
  14. Mengkoordinasikan laporan realisasi PNBP, remunerasi.
  15. Mengkoordinasikan laporan triwulan aplikasi PP nomor 39 tahun 2006.
  16. Mengkoordinasikan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP).
  17. Mengkoordinasikan laporan tahunan program kerja, rencana strategis (RENSTRA).
  18. Mendapat mandat dari Ketua Pengadilan Negeri Lumajang sebagai Sekretaris merangkap tim pengawasan penegakan disiplin kerja dalam pelaksanaan pemberitaan tunjungan khusus kinerja Hakim dan Pegawai Negeri pada Pengadilan Negeri Lumajang.
  19. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung/pimpinan.

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas